Sabtu, 09 Januari 2010

JEONJU

Jeonju adalah kota asal Kim Kyu Jong. Here the info.

peta Jeonju

Jeonju merupakan nama kota di Korea Selatan. Letaknya di bagian barat. Tepatnya di propinsi Jeollabuk-do (Jeolla Utara). Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 645.108 jiwa dengan memiliki luas wilayah 206,25 km². Kota ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 3127,8 jiwa/km². Jeonju merupakan ibu kota propinsi ini.
Dan merupakan pusat wisata penting karena terkenal dengan Makanan Korea, bangunan bersejarah, kegiatan olahraga dan festival inovatif.

Sejarah
Terletak di dataran rendah Honam yang subur, juga terkenal dengan arbei. Selain hasil pertanian, Jeonju adalah pusat wilayah penting di propinsi ini selama berabad-abad. Pernah sekali, ibukota propinsinya adalah Hubaekje, yang telah ditemukan oleh Gyeon Hwon. Kota ini dianggap sebagai ibukota spiritual dinasti Joseon keluarga kerajaan Yi berasal dari sana.
Kota telah diduduki oleh pergerakan petani Donghak tahun 1894. Jeonju diberi status metropolitan tahun1935, dan kota ini ditemukan tahun 1949.

Budaya
- Bibimbap 비빔밥 Jeonju adalah makanan tradisional lokal, yang terkenal di seluruh Korea Selatan. Ada juga beberapa rumah makan vegetarian yang sangat populer yang melayani jenis makanan Jeonju dan anggur pine
- Museum Nasional Jeonju memamerkan barang peninggalan masa lampau di hari Baekje.
- Ada museum kerajaan yang luas, kuil, benteng kerajaan yang terletak di lereng bukit, dan museum kertas terkenal. Seperti halnya pameran mode kertas tahunan yang menyoroti gaya yang baru dan Pakaian Korea tradisional dibuat dari kertas.
- Jeonju International Film Festival dihadiri sekitar 50.000 pengunjung tiap tahunnya
- Jeonju adalah kampung halaman kru breakdancing Last for One, kejuaraan internasional Battle of the Year.

Daerah Administratif
Jeonju dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu Deokjin-gu (덕진구) dan Wansan-gu (완산구), yang dibagi menjadi sekitar 40 desa.

Jeonju Gaeksa

credit: wikipedia

2 komentar:

  1. kyu jong tinggal di yaitu Deokjin-gu atau Wansan-gu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mian chingu, aku jg kurang tahu. kyujong cuma prnh nyebutin klo dia dari Jeonju.. mksh udh mampir^^

      Hapus